Progja Ujian Nasional

Kata Pengantar

Dalam upaya mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Tahun Pelajaran 2013/2014 kami telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Agar  pelaksanaan Ujian tersebut dapat berjalan dengan baik, kami menyusun program kerja dalam bentuk buku ini yang merupakan panduan yang lebih operasional dan praktis khusus bagi panitia UKK dan umumnya bagi seluruh komponen penyelenggara pendidikan dilingkungan MTs MADINATUNNAJAH Pingku.
Harapan kami dengan adanya buku program kerja ini yang berisi penjelasan dan petunjuk dilengkapi berbagai format yang diperlukan, selulruh panitia dapat mengetahui secara pasti dan jelas segala tugas dan kewajibannya mulai dari tingkat persiapan, pelaksanaan kegiatan, sampai pelaporan yang menyangkut pelaksanaan UKK tahun Pelajaran 2013/14
Demikianlah, agar mendapat perhatian sebagaimana mestinya, dan selanjutnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan/kegiatan Ujian Kenaikan Kelas.



Pingku, 30 Mei 2014
Kepala Sekolah
MTs Madinatunnajah





Dede Sugita




DAFTAR LAMPIRAN



  1. Surat Keputusan Kepala Sekolah SMP Islam Cikuda
  2. Contoh Tanda Peserta
  3. Contoh Nama/Nomor Ruangan
  4. Surat Tugas Mengawas
  5. Daftar Hadir Peserta
  6. Daftar Hadi Pengawas
  7. Daftar Serah Terima Naskah Soal
  8. Pembagian Ruang Tes
  9. Kode Bel
  10. Lembar Jawaban Komputer


BAB I                         PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
2.      Landasan Kerja
3.      Tujuan
4.      Sasaran
5.      Sistematikan

BAB II            TAHAPAN PERSIAPAN
1.      Susunan panitia
2.      Pembagian tugas kerja
3.      Penyusun Naskah Soal
4.      Daftar pemeriksaan soal
5.      Alokasi Waktu dan jumlah soal
6.      Daptar nama pengawas
7.      Jadwal kegiatan

BAB III          PELAKSANAAN
1.      Daftar peserta Latihan
2.      Jadwal pengawas
3.      Kode lonceng/Bel
4.      Tata tertib peserta
5.      Tata tertib pengawas
6.      Denah tempat duduk peserta

BAB IV          DANA LATIHAN UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
1.      Biaya pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
2.      Perincian penggunaan dana

BAB V            EVALUASI
Pelaksanaan evaluasi dan pemeriksaan dilakukan oleh Sekolah.

BAB I

1.      LATAR BELAKANG
Sesuai Dengan Kententuan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) bahwa peserta ujian kenaikan kelas adalah seluruh siswa kls VII, VIII peserta didik di sekolah tersebut.

Maka dalam menghadapi Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)Tahun Pelajaran 2013/2014 yang dianggap cukup berat ini khususnya di MTs MADINATUNNAJAH Kabupaten Bogor, perlu diadakan suatu berupa Ujian Kenaiakan Kelas (UKK), untuk membekali siswa/Siswi serta mempersiapkan diri dalam mengikuti Ujian Kenaikan Kelas (UKK)Tersebut.

2.      LANDASAN KERJA
1.      Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2013/2014
2.      Program Kerja Tahunan  MTs MADINATUNNAJAH
3.      Rapat Pembentukan Panitia UKK Tahun Pelajaran 2013/2014
             Surat Keputusan Kepala Sekolah MTs MADINATUNNAJAH
No. 007.01/MTs-YAMIDAH /I/2014

3.      TUJUAN
Latihan ini dilaksanakan dengan tujuan :
1.      Untuk mengetahui sampai sejauh mana tarap serap siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan.
2.      Untuk memberikan latihan kepada siswa dalam memahami dan menguasai materi Ujian Kenaikan Kelas (UKK)Yang akan dihadapi.
3.      Mempersiapkan fisik dan mental siswa dalam menghadapi ujian kenaikan kelas.

4.      SASARAN
Yang menjadi sasaran Ujian Kenaikan Kelas Tahun Pelajaran 2013/2014 yaitu siswa kelas VII , dan Kelas VIII yang terbagi  dalam 2 ruang tes.


5.      SISTEMATIKA
Sistematika Program kerja UKK Tahun pelajaran 2013/2014 sebagai berikut;

BAB II

TAHAP PERSIAPAN

1.      SUSUNAN PANITIA
Susunan panitia ujian kenaikan kelas  (UKK) MTs MADINATUNNAJAHKabupaten Bogor sebagai berikut ;
1. Penanggung jawab              : Kepala Sekolah MTs MADINATUNNAJAH
2. Ketua                                  : Dede sugita
3. Sekretaris                            : Laela Badriah
4. Bendahara                           : Irma Yusyanti ,S.Pd
5. Anggota                              : Japar Sidik,Hermanto, S.Pd.I
6. Pembantu Umum                : Kusnara, Zaenal, Maemanah,Syarifudin, Sri
                                                 

2.      PEMBAGIAN TUGAS KERJA
Agar tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan dan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap tugas.pekerjaan yang diembannya maka dengan ini kami membagi tugas sebagai berikut ;

A.    Penanggung Jawab
1.      Membentuk Panitia Ujian Kenaikan Kelas (UKK)  Tahun Pelajaran 2013/2014
2.      Bertanggung Jawab atas keseluruhan tugas panitia Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
3.      Melakukan kebijakan umum yang menjadi tugas panitia Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
4.      Melakukan pembinaan terhadap panitia Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
5.      Bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan tugas panitia UKK
B.     Ketua
1.      Bertaggung Jawa harian atas keseluruhan kegiatan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
2.      Merencanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan UKK
3.      Memberikan pengarahan dan penjelasan teknik kepada panitia
4.      Memimpin rapat-rapat
5.      Memonitoring/memantau pelaksanaan tugas panitia
6.      Membentuk tim pengawas UKK
7.      Mengatur pendistribusian naskah soal
8.      Mengawasi/mengatur penggunaan dana UKK
9.      Menerima, mengelola dan mengevaluasi laporan pelaksanaan UKK
10.  Membuat laporan penyelenggaraan UKK
C.    Sekretaris
1.      Mempersiapkan seluruh adminitrasi  UKK
2.      Mempersiapkan sarana Latihan UKK
3.      Menyusun Daftar Peserta
4.      Membagi ruangan
5.      Menyusun nomor urut peserta
6.      Membuat denah tempat duduk peserta
7.      Menyusun jadwal kegiatan
8.      Menyusun jadwal UKK
9.      Menyusun daftar pengawas
10.  Mengkoordinasikan pengawas
11.  Membuat format-format
12.  Membuat denah UKK
13.  Membuat Tata tertib Peserta
14.  Membuat tata tertib pengawas
15.  Menyusun laporan
16.  Menyediakan berita acara
17.  Menyediakan daftar hadir pengawas dan peserta
18.  Menyediakan peralatan yang diperlukan dalam Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
D.    Bendahara
1.      Menyusun anggaran biaya UKK
2.      Menerima setoran keuangan dari komite
3.      Mengeluarkan dana atas persetujuan kepala sekolah/ketua
4.      Membuat LPJ
5.      Melakukan pencatatan keuangan
6.      Membayar honorarium panitia


E.     Anggota
1.      Membantu tugas panitia secara umum
2.      Memdistribusikan soal kepada pengawas
3.      Menyusun arsip soal

F.     Pembantu Umum
1.      Mempersisapkan/membersihkan ruangan
2.      Menempelkan nomor peserta
3.      Mempersiapkan alat Bantu tulis
4.      Menyediakan konsumsi
5.      ALOKASI WAKTU DAN JUMLAH SOAL
No
Mata Pelajaran
Waktu
Jumlah
PG
UR
Keterangan
1
AlQuran Hadist
120 menit




2
Bahasa Indonesia
120 menit




3
Fikih
120 menit




4
Bahasa Inggris
120 menit




5
TIK
120 menit




6
Akidah Akhlak
120 menit




7
IPA
120 menit




8
SBK
120 menit




9
SKI
120 menit




10
MTK
120 menit




11
Bahasa Arab
120 menit




12
IPS
120 menit




13
PKN
120 menit




14
Bahasa Sunda
120 menit





6.      JADWAL NAMA PENGAWAS LATIHAN UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
No
Nama Pengawas
Keterangan
1
DEDE SUGITA
GURU
2
LAELA BADRIAH
GURU
3
ZAENAL
GURU
4
IRMA YUSYANTI S.Pd.I
GURU
5
KUSNARA
GURU
6
HERMANTO , S.Pd.I
GURU
7
JAPAR SIDIK
GURU

BAB III
TAHAP PELAKSANAAN

Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan selama 6 (hari) hari yaitu tahap  mulai tanggal 2 s/d 7 Juni, dan tahap ke dua (2) yaitu, Praktek mulai tanggal 7 s/d 8 Juni 2014 yang diikuti oleh semua siswa kelas VII dan VIII dan jumlah. Pelaksanaan tes dibagi dalam 2 ruang kelas yang di atur sebagai berikut;
1.      DAFTAR PESERTA KENAIKAN KELAS (UKK)TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Kelas VII
No
No Peserta 
Nama Peserta
1

ABAD
2

ANDIA
3

AHMAD FAUJI
4

HIDAYAT
5

ISYAK SYAEROJI
6

IIS ISMAWATI
7

LESTARI
8

MILATU SADIAH
9

MU MINA
10

MOHAMAD EGA
11

MOHAMAD JEPRI
12

NISA ERLITA
13

NASRUDIN
14

SYAHRUL MUHIT
15

SUKMAWIJAYA
16

SILAHUDIN
17

SUHENDI
18

YUNITA

Kelas VIII

No
No Peserta 
Nama Peserta
1
13-782-001
AHID ARDA BILI
2
13-782-002
BANDAR KUSUMA
3
13-782-003
MIMI SUMINAR
4
13-782-004
MAHRUF
5
13-782-005
PUAD
6
13-782-006
RIKOH
7
13-782-007
SALIS
8
13-782-008
SITI MUNABIHATUN
9
13-782-009
SITI MUTMAINAH
11
13-782-010
ANITA
12
13-782-011
KIBTIYAH
13
13-782-012
MUNIROH
14
13-782-013
SUKATMA
15
13-782-014
REGAL SETIAWAN
16
13-782-015
SITI HUJAIPAH

3.   ATURAN-ATURAN UNTUK PESERTA DAN PENGAWAS
      1.. Bagi Siswa
a.       Siswa memasuki ruangan  dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan
b.      Pada waktu pelaksanaan Tes peserta dilarang menggunakan kalkulator dan kamus
c.       Pesrta mengerjakan soal pada lembar jawaban yang telah disediakan
d.      Jika waktu tes sudah habis/selesai lembar jawaban dan soal diserahkan kepada pengawas
e.       Seluruh peserta tes harus memetuhi tata tertib baik sebelum, sedang melaksanakan tes maupun setelah tes berakhir
2.      Bagi Pengawas
a.       Menertibkan peserta
b.      Membagikan lembar soal dan lembar jawaban
c.       Membuat berita acara
d.      Membuat daftar hadir peserta
e.       Mengumpulkan lembar jawaban dan soal tes


4.   KODE BEL
      1. Bunyi Bel 3 kali                        : Peserta  masuk ruangan
      2. Bunyi Bel 1 kali                        : Pengawas membagikan soal
      3. Bunyi Bel 2 kali                        : Siswa mulai Mengerjakan soal
      4. Bunyi Bel 4 kali                        : Waktu Mengerjakan soal selesai
TATA TERTIB PESERTA
UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK) UKKMTS MADINATUNNAJAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

1.      10 menit sebelum ujian dimulai, peserta harus sudah ada di sekolah
2.      Peserta boleh masuk ruangan setelah ada tanda bel masuk di bunyikan
3.      Peserta harus memperlihatkan kartu peserta kepada pengawas dan disimpan diatas meja
4.      Peserta dilarang membawa catatan dengan cara dan dalam bentuk apapun kedalam ruangan tes
5.      Peserta harus menyediakan sendiri alat tulis yang diperlukan
6.      Peserta yang datang terlambat harus meminta izin terlebih dahulu kepada kepala sekolah/ketua panitia, dan kepadanya tidak diberikan perpanjangan waktu
7.      Peserta wajib mengisi daftar hadir
8.      Peserta boleh megerjakan soal setelah tanda bel dibunyikan
9.      Peserta yang memrlukan penjelasan dapat bertanya kepada pengawas, dengan cara mengacungkan tangan terlebih dahulu
10.  Selama tes berlangsung peserta tidak boleh meninggalkan ruangan tanpa seizin pengawas
11.  Peserta yang meninggalkan ruangan setelah membaca soal dan tidak kembali sampai tanda bel selesai mengerjakan soal dibunyikan, dinyatakan selesai mengikuti tes
12.  Peserta yang selesai mengerjakan soal tidak boleh meninggalkan ruangan sebelum tanda bel dibunyikan
13.  Selama tes berlangsung peserta tidak boleh ;
    1. menanyakan soal kepada teman
    2. bekerja sama memberikan atau menerima bantuan dalam mengerjakan soal
    3. memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta atau melihat pekerjaan orang lain
14.  Peserta berhenti mengerjakan soal setelah tanda bel selesai dibunyikan dan boleh meninggalkan ruangan dengan tertib
15.  Lembar jawaban disatukan dengan lembar soal dan ditinggalkan di atas meja masing-masing
Peserta yang menlanggar tata tertib akan dikeluarkan dari ruangan dan kepadanya diberikan nilai 0 (nol)

TATA TERTIB PENGAWAS
LATIHAN UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  1. 10 menit sebelum ujian dimulai,pengawas harus ;
    1. memeriksa ruangan ujian
    2. memeriksa nomor yang tertera pada meja
  2. Setelah tanda bel masuk dibunyikan, pengawas harus;
    1. Mengawasi peserta agar tidak membawa catatan
    2. Mengatur peserta agar duduk pada tempatnya
    3. Membaca tata tertib tes
    4. Membuka sampul, membagikan soal dan lembar jawaban
    5. Memberikan petunjuk cara mengerjakan soal
    6. Menyampaikan daftar hadir peserta ujian
    7. Mengengatkan kepada peserta untuk mengisi nomor peserta, nama dan kelas pada kolom yang disediakan pada lembar jawaban
  3. Mengisi berita acara ujian secara lengkap dan menandatanganinya
  4. Mengijinkan peserta yang datang terlambat untuk masuk keruangan tes, setelah membaca surat izin dari kepala sekolah/panitia penyelenggara
  5. Menjawab pertanyaan peserta, tentang hal-hal yang kurang jelas dalam soal ujian
  6. Pengawas dilarang memberikan bantuan dalam menjawab soal dengan cara dan dalam bentuk apapun
  7. Selama tes berlangsung, pengawas harus menjaga ketertiban dan keamanan ruangan
  8. Pengawas harus memberikan peringatan atau teguran terhadap peserta yang bekerja sama, gaduh atau berjalan-jalan di ruang tes
  9. Pengawas harus memberitahukan/mengingatkan kepada peserta tenteng waktu yang tersisa
  10. Menerima kembali lembar soal dan lembar jawaba dari peserta
  11. Menyusun lembar jawaban peserta dari mulai nomor terkecil sampai terbesar
  12. Pengawas membubarkan peserta dengan tertib setelah bunyi bel keluar dibunyikan

RENCANA ANGGARAN
 UJIAN  NASIONAL
MTs MADINATUNNAJAH
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Biaya penyelenggaraan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)MTs MADINATUNNAJAH adalah sebagai berikut ;

NO
URAIAN
VOLUME
JUMLAH




1
Adminitrasi
1 paket
Rp.   
2
Penggandaan Naskah Soal
3 ruang = 42 siswa
Rp.   
3
Transport pengambilan naskah
2 orang  
Rp.     
4
Konsumsi pengawas
6 orang @ Rp…….. x 2 Hari
Rp.     
5
Konsumsi panitia
7 orang @ Rp ……. x 2 Hari
Rp.     
6
Transport mengantarkan LJK
2 orang  
Rp.    
7
Honorarium pengawas
Rp 10.000 x 12 ngawas
Rp.  
8
Monitoring
1 orang
Rp.  
9
Honorarium Panitia
Penanggung jawab
Ketua
Sekretaris
Bendahara
Anggota 1
Pembantu umum

Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.






Rp.  
10
Honorarium Pengoreksian LJK
1 Pengkoreksian= Rp……x 4 mata pelajaran

Rp.  
TOTAL
Rp.

Terbilang : “

BAB V
EVALUASI

Pemeriksaan dan penilaian hasil Latihan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)SMP Tahun Ajaran 2014/2015 Dilakukan oleh Guru Mata pelajaran dangan menggunakan perangakat lunak (software) computer kemudian hasilnya diserahkan kepada siswa yang bersangkutan.
  

 



KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH MTs MADINATUNNAJAH
Nomor             : 007.01/MTs-YAMIDAH /I/2014

                                                                  Tentang          
PENGANGKATAN
PANITIA UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK)
UKK(SATU)
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Kepala sekolah SMP Islam Cikuda;
Menimbang              :  Bahwa dalam rangka memperlancar pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)Tahun Pelajaran 2013/2014 dipandang perlu dibuat susunan panitia.
Menetapkan             :  1.   Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang sistem  pendidikan nasional
                                    2.   Kalender pendidikan Tahun Pelajaran 2013/2014

Memutuskan
Menetapkan                :
PERTAMA                 : Membentuk susunan panitia Ujian Kenaikan Kelas (UKK)Tahun Pelajaran 2013/2014 sebagai mana terlampir dalam surat keputusan ini.
KEDUA                      : Segala biaya yang timbul akibat keputusan ini, dibebankan kepada anggaran yang sesuai.
KETIGA                     : Apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagai mana mestinya.
KEEMPAT                 :  Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di : Pingku
Pada tanggal 30 Mei 2014
Kepala Sekolah


Dede sugita




SUSUNAN PANITIA LATIHAN UKK
TAHUN PELAJARAN 2013/2014





1. Penanggung jawab              : Kepala Sekolah MTs MADINATUNNAJAH
2. Ketua                                  : Dede Sugita
3. Sekretaris                            : Laela Badriah
4. Bendahara                           : Irma Yusyanti S.Pd.I
5. Anggota                              :  Japar Sidik, ,Hermanto, Kusnara
6. Pembantu Umum                : 1. Zaenal
                                                  2. Maemanah.

DAFTAR HADIR PESERTA
LATIHAN UKK
TAHUN PELAJARAN 2013/2014


RUANG 02
NO
NOMOR TES
NAMA
TANDA TANGAN
1

AHID ARDA BILI

2

BANDAR KUSUMA

3

MIMI SUMINAR

4

MAHRUF

5

PUAD

6

RIKOH

7

SALIS

8

SITI MUNABIHATUN

9

SITI MUTMAINAH

10

ANITA

11

KIBTIYAH

12

MUNIROH

13

SUKATMA

14

REGAL SETIAWAN

15

SITI HUJAIPAH

16

AHID ARDA BILI

17

BANDAR KUSUMA

18

MIMI SUMINAR

19

MAHRUF

20

PUAD

21

RIKOH

22

SALIS

23

SITI MUNABIHATUN

 24

SITI MUTMAINAH

 




SURAT TUGAS MENGAWAS
      No. 012/782/MTs.YAMIDAH / U/2014

Demi kelancaran kegiatan Latihan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)  Tahun pelajaran 2013/2014 dengan ini kepala MTS MADINATUNNAJAH Parungpanjang menugaskan kepada:

Nama               : DEDE SUGITA
Jabatan                        : GURU


Untuk melaksanakan tugas sebagai:
PENGAWAS UJIAN KENAIKAN KELAS (UKK ) Sesuai jadwal pelaksanaan  Ujian Try out (terlampir)
Demikian Surat Tugas ini kami buat untuk dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.


         Parungpanjang,  Juni 2014
Kepala Sekolah


 Dede sugita


          














Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Sadap Semua SMS

SK Pengangkatan Kepala Sekolah